White Supremacist Dalang Serangan Kuil Sikh?

Posted by Sangat Unik

foto

Tujuh orang ditembak dan tewas hari ini di sebuah kuil Sikh di Oak Creek, Wisconsin, Amerika Serikat, dalam apa yang disebut pejabat lokal sebagai kasus terorisme domestik.

Meskipun polisi belum memberikan rincian tentang identitas atau motif penembakan serta merilis identitas para korban, sumber ABC Newsyakin insiden ini adalah "karya" kelompok ekstrem kulit putih White Supremacist atau Skinhead. "Model serangannya mirip," katanya.

Kekerasan terhadap kaum Sikh, terutama di toko-toko dan pusat bisnis mereka meningkat belakangan ini, menurut Journal Sentinel Milwaukee. "Ini sungguh memilukan," kata senator Josh Zepnick menanggapi penembakan ini. "Ini tentu membuat kita bertanya-tanya tentang seberapa jauh epidemi kekerasan senjata di AS yang menaruh kehidupan orang tak bersalah berada dalam risiko. Itu membuat saya mual."

Malam ini, FBI dan regu penjinak bom tiba di sebuah rumah di Cudahy, dekat Oak Creek. Pihak berwenang juga mencoba untuk melacak pistol semi-otomatis yang tertinggal di tempat kejadian.

Tujuh orang dipastikan meninggal dan tiga orang, yaitu dua jemaat pria dan seorang polisi, berada dalam kondisi kritis di sebuah rumah sakit setempat.

Pria bersenjata yang diduga pelaku penembakan tewas dalam tembak-menembak dengan polisi. "Petugas menghentikannya dengan tembakan. Jika tidak, peristiwa tragis bisa saja lebih buruk," kata Kepala Kepolisian Oak Creek, John Edwards.

Empat orang ditemukan tewas di dalam dan dua lainnya ditemukan tewas di luar bangunan kuil.

Edwards mengatakan pihak berwenang menyatakan insiden tersebut sebagai insiden terorisme domestik dan FBI akan melakukan penyelidikan penuh.

Jemaat tengah mengikuti peribadatan di Sikh Temple of Wisconsin, tepat di sebelah selatan Milwaukee, ketika seorang pria bersenjata masuk dan mulai menembak. Mereka melarikan diri ke segala arah. Banyak yang bersembunyi di kamar mandi atau kamar lain dalam rumah itu ketika sipenembak terus memberondongkan senjata.

Pimpinan kuil, Satwant Singh Kaleka, sedang mempersiapkan diri untuk memberikan ceramah ketika peluru menembus tubuhnya. Dia roboh dan meninggal di lokasi kejadian. 

source: http://www.tempo.co/read/news/2012/08/06/116421665/White-Supremacist-Dalang-Serangan-Kuil-Sikh