Ditekuk Honduras 1-0, Spanyol Tersingkir

Posted by Sangat Unik

foto

Datang sebagai favorit peraih medali emas di Olimpiade 2012 di London, Spanyol justru harus pulang lebih awal setelah dikalahkan Honduras 1-0 dalam laga kedua Grup D di St James’ Park, Senin dini hari WIB.

Kekalahan ini menutup peluang La Rojita lolos ke perempat final setelah sebelumnya mereka juga ditekuk Jepang 1-0 dalam laga perdana Selasa lalu.

Kegagalan ini menodai reputasi Spanyol sebagai penguasa di pentas sepakbola internasional saat ini setelah sukses mereka memenangi tiga turnamen besar secara beruntun, Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Fakta itu pula yang membuat Spanyol diunggulkan meraih medali emas di Olimpiade kali ini. Apalagi, mereka diperkuat bek kiri Jordi Alba yang berperan besar dalam kemenangan La Furia Roja di Piala Eropa 2012 serta dua pemain yang menjadi cadangan di turnamen itu, Javi Martinez dan Juan Mata.

Tapi, kelemahan dalam bertahan dan pada penyelesaian akhir membuat Spanyol harus menekan kekalahan 0-1 dari Jepang dalam laga pertama.

Kondisi serupa berlaku saat Mata dan kawan-kawan menghadapi Honduras dalam laga kedua. Seperti biasa, Spanyol mendominasi penguasaan bola dan lebih banyak mengancam gawang lawannya. Tapi, tak satu pun peluang mereka yang berbuah gol.

Di pihak lain, serangan Honduras tampak lebih efektif yang tergambar lewat keberhasilan mereka meraih gol di menit ke-7 saat Jerry Bengston menyambar umpan silang Roger Espinosa dari sektor kiri. Ini gol ketiga Bengston di turnamen ini yang mengangkatnya ke puncak daftar top skorer.

Sejak itu Spanyol terus berusaha mengejar ketertinggalan mereka, tapi penyelesaian akhir yang lemah plus nasib yang kurang beruntung membuat tim asuhan Luis Milla ini harus kembali gigit jari.

Bagi Honduras, kemenangan ini memperlebar peluang lolos ke perempat final. Mereka hanya butuh hasil imbang dalam laga ketiga melawan Jepang, Rabu (91/8), untuk memastikan tempat di 8 Besar. Bahkan kalah pun Honduras akan tetap lolos jika pada saat yang sama Maroko gagal meraih kemenangan atas Spanyol.

source: http://www.tempo.co/read/news/2012/07/30/099420048/Ditekuk-Honduras-1-0-Spanyol-Tersingkir